YANG MULAI HILANG DAN DITINGGALKAN



Betapa dunia kini berlari kencang, betapa cepat sesuatu jadi masa lalu. Serasa ribuan tahun sudah media ini stagnan dan tidak memproduksi apapun. Tak ada tangan usil dan jari-jari nakal yang menyentuhnya... Dan saya sendiri?? Njiiirrr ane sibuk, sesibuk sibuknya alien yang sedang berencana untuk menguasai alam semesta setelah menulis skripsi lalu menulis lamaran kerja, lalu ada saat memulai hari-hari dengan Alkohol, mengakhirinya dengan Cannabinoids dan kemudian bla bla bla.. HAHAHAHAHA...

Setelah beberapa tahun ini perkembangan musik Metal dan geliat Undergrounder di kota Jember nampak LESU, kenapa?? -Sebuah pertanyaan besar yang ane dapet dari beberapa teman dari luar kota Jember dan seorang Metalheads dari negara tetangga, Malaysia.

Apa yang harus anda jawab jika berada diposisi ane?? Tidak ada!!!

Kenapa ane harus posting keluh kesah ini mungkin kalian semua tau. Ini karena kecintaan ane pada skena musik extreme dikota Jember, tetapi mungkin beberapa penggiat musik Metal dan Undergrounders merasakan juga hal yang sama.

Apakah gejala yang lumrah saja, sebagai bagian dari dinamika budaya kita saat berhadapan dengan kultur global yang dipenetrasi dengan deras melalui perkembangan genre musik lain??

Ohh tidak, jangan!!! Musik Metal dan para Metalheads tidak selemah itu!!!

Mungkin para generasi penerus kita lebih malas dari yang ane bayangin, mungkin juga mereka nggak punya motivasi untuk belajar dan meminta bimbingan pada senior?? Pendorong dan starter engine yang saya tau kemana aja tuh kok gak bergeming, menularkan ide dan merubah adik-adik kita jadi produktif?? Apa pada sibuk membesarkan bandnya sendiri?? Fuck you man, you should died strucked by lightning!!!

Baiklah, periksa baik-baik bagi jawaban yang dengan segera mengafirmasikan dan mengiyakan pertanyaan-pertanyaan itu. Karenaa, sadar atau tidak, semua perilaku diatas sekedar permukaan atau simtom dari pergeseran sikap para senior yang lebih dominan sebenernya.

Berarti ini adalah sebuah ancaman eksternal skena kita, hambatan yang menengarai sikap apatis generasi Metalheads berikutnya.

Apakah intervensi diperlukan agar kita para penggeliat skena bisa menularkan skill, ideologi dan kemampuan kita agar skena kita lebih kaya, diperhitungkan, dikenal dan berbahaya?? jawabannya; 100% IYA!!!

Sekedar saran; Kita harus lebih keras dan ganas dengan intervensi internalisasi kultur terlebih dahulu pada generasi Metalheads di skena kita dengan beberapa media ataupun gawai teknologis terbaru dengan fitur futuristik jika perlu...

Mungkin kita tetap mencintai musik Metal, kita juga masih menggunakan atribut-atribut Metal dan apapun itu tidak akan menjadi besar dan hanya menjadi ampas yang tidak bernilai jika kita sikap kita masih skiptis-apatis terhadan skena kita dikota Jember.
Dan selama punya sikap "ingin belajar" maka menjadi tua bukan lagi perihal yang mencemaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang BODOH, GOBLOK, IDIOT, cuma bisa baca, ga pake komentar !!