SOUNDANGER 2017

#jembermetalheads #soundanger2017

Akhirnyaaaaaaaaa!!!!

Cukup sudah basa-basi yang dianggap omong kosong dan sama sekali tidak membentuk apa-apa dan tidak melahirkan suatu kegiatan apapun!

Selama 3 bulan belakangan ini ramai sudah yang berbicara tentang betapa suksesnya sebuah even di Kota Jember ini disela-sela pekerjaan kita masing-masing. Dari membantu Batman begadang sambil mengurusi kedai sampai jadi sidekick-nya Spiderman merajut serat kain untuk bahan kaos dan menyablon. Yap that its; SOUNDANGER 2017!!! ( diiringi gemuruh suara snare dan cymbal hahahaha...)

Berkenaan dengan skena Underground di Kota Jember Yang semakin sekarat dan tidak produktif, beberapa teman deka akhirnya terjadilah apa yang diidam-idamkan banyak Metalheads dimanapun ia berada. 2 hari digelar dengan penuh perjuangan, kerja keras, memeras otak dan derai keringat, tentunya tanpa air mata (karena kita gak sempet nangis, soalnya capek dan perasaan girang luar biasa itu yang tercampur aduk hahahaha...)

Dalang dan aktor dibalik layar dari acara tematik Soundanger 2017 ini lagi-lagi digawangi oleh Metalheads senior. Hey, bukan karena senioritas, tapi entah karena nyali atau keberanian para Metalheads muda yang kurang atau bagaimana. Yah itu sekedar opini, tapi bisa lah buat Kickstarter untuk melecutkan energi besar yang para Metalheads miliki khususnya yang muda-muda. 

Oke mari sekarang kita bahas seberapa besarnya dampak dari ledakan tenaga SOUNDANGER 2017 bagi telinga kota Jember dan sekitarnya saat ini dan masa depan skena musik extreme. Tentang bagaimana merakit impian dan keinginan akan bebasnya berekspresi juga merdeka dalam berkarya, baik oleh pekerja seni dan pelaku skena Underground tanpa jajahan dari pihak manapun. Baik dari jajahan dalam bentuk laten maupun jajahan kinetik seperti hak warga negara Indonesia yang dijelaskan oleh UUD 1945 "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan." 

Kemerdekaan bagi setiap orang sangatlah penting dan juga berbeda secara tafsir, orang-orang mempunyai gaya berbeda dalam memaknai sebuah kemerdekaan. Contoh kecil saja kebebasan dalam berekspresi bagaimana seseorang berani menyampaikan apa yang dia rasakan dan disandarkan pada kebenaran menurut keyakinanya. Kemerdekaan yang diartikan sebagai kebebasan berekspresi sering kali dijumpai dalam bermusik, "sebab musik adalah bahasa yang luas dan bisa terjadi dimanapun." (BUSUK WEBZINE.com : Interview Addy Gembel) 

Karena menurut saya Musik merupakan sesuatu yang bisa menggambarkan dan menceritakan suatu hal yang luas menjadi ringkas dibalut lengkap beserta emosi yang tertoreh melalui komposisi suara/bunyi instrumen dan kata-kata yang di-nada-kan.

Boleh kita review sedikit tentang bagaimana even ini berlangsung selama 2 hari dan support yang luar biasa dari 60 band lokal, bukankah ini mencengangkan!? Ya tentu saja ini adalah salah satu kejadian yang harus dicatat dalam sejarah perkembangan musik di Kota Jember. Mungkin 10-20 tahun kedepan; SOUNDANGER masih menggurita dan mencengkeram skena Underground dan bukan tidak mungkin nantinya menjadi perbincangan kontroversial karena sebuah skena yang dianggap kacau ini bisa bikin even musik selama 2 hari tanpa henti dengan suasana tetap kondusif dan terkendali... Hell yeah, we should be proud, man!!!

Dari beberapa interview yang dilakukan oleh salah satu media partner yang ikut ambil andil dalam kesuksesan even tersebut; yaitu sebuah tv lokal disebutkan bahwa hingar bingar pesta dan pertunjukan musik anak muda perlu sering diadakan karena ini adalah wadah bagi anak-anak muda dan ajang silaturahmi bagi berbagai genre musik cadas seperti Punk, Hardcore, Grindcore, Deathmetal, Blackmetal dll. 

Semua genre berkontribusi di event ini dan sebagai wadah lintas genre musik extreme agar bersatu. (Fahmi –ketua panitia Soundanger 2017)

Saya rasa ini acara pertama di Jember yang menggabungkan segala genre musik dan bisa dibilang ini acara halal bihalal akbar. Karena di musik gak ada senioritas, yang ada adalah siapa yang mau maju dan berkarya. (Andy Bottle)

Acara yang sangat tematik dengan genre musik, patut di-apresiasi dan kalo bisa terus lanjut dan ber-regenasi (Agus Murdock)

Lebih lanjut tentang SOUNDANGER 2017 bisa kalian check @Interview SBCTV https://www.youtube.com/watch?v=mCLTIbowu8w


Seperti yang kita tahu bahwa Extreme musik di tanah air semakin berkembang dan terus berlari kencang tak mengenal usia dan jaman, jadi sekali lagi mari kita bersatu dan tetap pelihara persaudaraan dan kesadaran. Kita sudah mendekati era extreme musik yang masif dan dinamika didalamnya sangatlah spartan. 

Hail Jember Metalheads!

Stand on your own feet to feed your own!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Orang BODOH, GOBLOK, IDIOT, cuma bisa baca, ga pake komentar !!